. Sudah Tepatkah Pilihan Web Hosting Anda? ~ Teknik Komputer dan Jaringan

Monday, November 18, 2013

Sudah Tepatkah Pilihan Web Hosting Anda?

Sudah Tepatkah Pilihan Web Hosting Anda?

Bila Anda ingin membangun sebuah website, sebelumnya Anda perlu teliti dulu perusahaan web hosting yang akan Anda pilih. Ada beberapa indikator yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan web hosting.
Perusahaan web hosting yang kompeten dan kredibel dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kinerja website pelanggan. Ada beberapa fasilitas-fasilitas yang sebaiknya Anda teliti sebelum mempercayakan website Anda. Fasilitas-fasilitas itu adalah:
Control Panel
digunakan untuk mengatur, memelihara, dan memonitor website Anda. Biasanya perusahaan hosting memiliki pilihan sendiri untuk control panel yang akan diberikan kepada pelanggannya.
Fasilitas dasar yang terdapat pada control panel secara umum terdiri atas:
a. Statistik: berisi data lengkap dari kunjungan user ke sebuah website
b. File Manager
c. Konfigurasi e-mail account: memudahkan anda untuk mengatur akun e-mail pada website
d. Database Management: Tergantung dari paket yang anda pilih, apabila pada paket tersebut disertakan database di dalamnya (contoh: MySQL, PostgreSQL, dll), maka fasilitas ini menjadi sangat krusial.
e. Pengaturan account FTP
f. Detail informasi account hosting: berisi data tentang paket hosting yang anda gunakan.
Cpanel merupaan control panel yang sangat user-friendly sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mempelajarinya.
Mail Account
Anda dapat membuat e-mail di website Anda. Id e-mail yang dipilih dapat disesuaikan dengan selera Anda. Contoh: Anda memiliki domain www.aku.com, maka Anda bisa saja membuat e-mail dengan nama saya@aku.com . Terasa lebih personal bukan.
Anti Virus, SpamBlocker, & SpamBox
Fasilitas ini diberikan untuk mengamankan website dan e-mail Anda dari gangguan yang tidak menyenangkan, seperti virus atau email promosi dan lain sebagainya.
Mailing List
Oleh para netters biasa disingkat milis, misalnya yang disediakan oleh Yahoo Groups. Jika website Anda memiliki fasilitas mailing list, maka anda bisa membuat sebuah milis dengan menggunakan alamat website Anda seperti Yahoo Groups.
POP & SMTP Access
Fasilitas ini akan memudahkan Anda dalam mengirim dan menerima e-mail yang masuk atau keluar di website Anda. Anda dapat pula mengirim dan menerima e-mail dari perangkat PDA atau bahkan handphone sekalipun hanya dengan mengeset alamat POP & SMTP pada website Anda.
Mail Forwarder / Alias
Mail Forwarder / Alias digunakan untuk e-mail yang datang ke website Anda ke alamat e-mail lain.
Contoh: karena space anda yang terlalu kecil, e-mail saya@aku.com dapat anda teruskan ke gue@gmail.com yang memiliki space lebih besar untuk penyimpanan e-mail.
FTP Account
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file (Upload dan Download). FTP account digunakan untuk mengatur account FTP yang terdapat di website Anda. Account FTP yang dimaksud adalah username, password, quota dan ke direktori mana saja seorang FTP user dapat melakukan transfer file.
Domain
Dalam struktur penamaan domain (Domain Name System) terdapat beberapa jenis. Di www.jakartawebhosting ada 2 jenis penamaan domain yang dapat Anda pilih.
a.Domain Umum
Yang digunakan pada domain jenis ini adalah .com, .net, .org, .biz, .info, .name, .us, .me, .cc, .tv, .asia dan .mobi
b. Domain Nama Negara
Domain ini contohnya adalah .co.uk, .org.uk, .co.id, .or.id, .web.id, .ac.id, .sch.id dan .go.id
Multiple Domain
Dengan fasilitas ini Anda dapat menggunakan satu paket hosting saja untuk meletakkan dua atau lebih domain Anda.
Database
Database digunakan untuk menyimpan data di website Anda.
Misalnya Anda ingin membuat sebuah toko online, maka data-data mengenai barang yang akan dijual, data pembeli, data transaksi, dan data lainnya dapat diletakkan di database.
Web Statistic
berisi data lengkap dari kunjungan user ke website Anda. Dari cpanel, Anda dapat melihat hal-hal yang berkaitan dengan kunjugan user ke website anda. Mulai dari jumlah kunjungan hingga besarnya bandwith yang telah ditransfer website Anda pada tiap kunjungan.
Fantastico
Fantastico merupakan kumpulan script yang dapat di-install langsung di website Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat sebuah portal, maka Anda tinggal meng-install salah satu dari script untuk portal yang telah tersedia (contoh: Joomla, Drupal).
Crontabs
Fasilitas ini dapat anda gunakan untuk mengeksekusi perintah yang telah anda buat secara terjadwal
Shell Access (SSH)
Dapat digunakan untuk memberikan perintah pada website Anda melalui sebuah Shell.

0 komentar:

Post a Comment