. ~ Teknik Komputer dan Jaringan

Friday, November 15, 2013

Cara membuat blog gratis dari awal sampai publish

Cara membuat blog dari awal sampai publish, (bersambung.... part.1)
Sebelum kita membuat sebuah blog, alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca article tentang tips membuat blog dari awal. Arikel ini adalah pengalaman sendiri.

1. Memahami tujuan membuat blog
Tanpa memiliki tujuan, maka akan sulit bagi kita untuk menentukan goal yang akan dicapai dari blog tersebut. Kita akan kehilangan arah jika tujuan membuat blog tidak kita ketahui. Hal ini seringkali memicu para pemilik blog yang awalnya semangat, namun akhirnya berguguran dan layu sebelum berkembang karena tidak memiliki tujuan. Ini boleh dibilang tidak konsisten.

Ada dua tujuan utama membuat sebuah blog :
1.Untuk tujuan komersial
Blog yang dibuat dengan tujuan komersial artinya blog tersebut dibangun untuk mempromosikan produk didalamnya. Pengunjung yang tertarik dengan iklan yang ditayangkan maka akan melakukan transaksi mengikuti alur informasi yang ada dalam blog tersebut.   
2. Untuk tujuan pribadi
Beberapa yang dibuat untuk tujuan pribadi artinya blog yang dibuat sebagai catatan harian seseorang, kegiatannya selama ini, atau bisa dikatakan sebagai buku diary nya yang dia tuangkan ke dalam sebuah blog. Pemilik blog pribadi membatasi siapa saja yang bisa mengakses blognya, atau bisa saja  mempublikasikan ke khalayak umum sehingga setiap penggunjung internet bisa mengaksesnya. Tak jarang sebuah blog pribadi akhirnya bergeser menjadi blog komersial. Biasanya blog tersebut banyak di akses dan isinya diminati oleh banyak orang, sehingga peringkat blog tersebut terus merangkak naik. Sehingga pada pemasang iklan akan tertarik untuk menyisipkan iklannya di blog tersebut, dan pemilik blog akan mendapatkan royalty.
2. Menentukan tema dan kontent blog
Setelah mengetahui kedua tujuan utama membuat blog tersebut, tentukanlah tema dan isi dari blog yang akan dipublikasikan. Kenapa musti ada tema, karena untuk menopang tujuan blog tadi. Ada banyak tema yang sudah dipublikasikan oleh blogger, mulai dari tema tentang kesehatan, kesenian, olagraga, wisata dan lain sebagainya. Untuk itu buatlah tema blog yang sifatnya unik, karena mesin pencari atau search engine menyukai sesuatu yang unik-unik. Semakin unik kata kunci atau atau keyword semakin mudah search engine menemukannya dan akan menempatkan kata kunci itu di index paling atas, sehingga orang yang akan mengaksesnya akan dengan mudah menemukan tema yang kita publikasikan.

3. Memiliki alamat e-mail
Jika tujuan dan tema blog sudah kita fahami dan kuasai, bagi yang belum punya account email buatlah terlebih dahulu melalui http://www.gmail.com atau http://www.yahoo.com. Bagi yang belum tau cara membuat email dari awal sampai email itu bisa digunakan, silahkan berkomentar dan ajukan request disini.

4. Memulai blogging
Memiliki sebuah blog pribadi merupakan keinginan dan hobi saja klik sana klik sini, mencari sesuatu, mencoba ilmu baru. Berkenalan dengan blogspot langsung saja jatuh hati. Kenapa tidak, karena :
1. Blogspot itu free
2. Gampang buatnya
3. Gampang mengelolanya
Oleh karena itu, zero2master sebagai pemula, mendaftarkan diri ke http://blogger.com. Bagai mana membangun blog dari awal sampai publish, ikuti artikel berikutnya di sini. To Be Continued.





0 komentar:

Post a Comment