. Cara Memperbaiki Komputer yang sering Restart ~ Teknik Komputer dan Jaringan

Thursday, December 17, 2015

Cara Memperbaiki Komputer yang sering Restart

 hai sobat Mds..! Kadang kita sering menemukan atau bahkan kita sendiri pernah mengalami komputer / kita mengalami restart yang berkepanjangan. Ada 3 hal yang menyebabkan hal tersebut, yaitu sbb :

1. Karena Virus,
2.Adanya kesalahan file pada system Windows, Misalnya pada drive : C (hilang),
3. Prosesors Terhalang oleh debu.



Adapun cara mengatasi masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Karena Virus


Akibat virus, komputer diperintahkan untuk melakukan restart saat masuk windows, hal ini pasti akan sangat susah memperbaikinya. dengan cara ini mungkin kamu bisa memperbaikinya.
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menscan menggunakan antivirus. Caranya mudah saja, sebelum ada tanda start windows muncul, tekan F8 berulang-ulang hingga mendapatkan tulisan putih, bertuliskan start windows normally, safe mode, dll. jika tidak muncul maka reset komputer kamu dan ulangi lagi.
NB:  tidak semua komputer dengan menekan tombol F8, hal ini tidak akan dibahas dalam post ini. Lalu cobalah masuk kedalam safe mode. Biasanya kalau virusnya belum parah, kamu akan bisa masuk kedalam  system safe mode windows. bersihkan dari situ.

2.Beberapa file system Windows hilang


Seperti yang kita ketahui, komputer restart bisa terjadi karenna file system windows hilang. Penyebabnya bisa dikarenakan virus, harddisk mulai rusak, dan komputer dimatikan secara tidak benar contohnya saat mati lampu, mematikan pc langsung menekan tombol power. Hal ini seperti ini bisa kita perbaiki melalui proses install ulang, atau gunakan kaset windows yang sesuai dengan OS kita untuk repair. Namun ini hanya berlaku untuk komputer normal dalam arti tidak ada kerusakan hardware, dan tidak berlaku untuk kerusakan hardware seperti harddisk.

3. Prosesor terhalang oleh debu


Hal yang seperti ini sering kali kita jumpai, tidak menutup kemungkinan bahwa debu bisa masuk dari arah manapun. Sehingga menutupi kipas yang mengarah ke prosesor sehingga menyebabkan prosesor kepanasan. Lalu apa yang terjadi jika prosesor panas? Jika telalu panas akan menyebabkan system pada komputer men-shut down otomatis komputer kamu. dan jika tidak ada pengaman shutdown prosesor kamu bisa rusak. untuk itu, lakukan pembersihan termasuk pembersihan kipas prosesor di komputer anda minimal sebulan sekali untuk menghindari restart seperti ini, karena jika dipaksakan  bisa membuat prosesor kamu blank. Oleh karena itu penyebab komputer sering restart terus saat main game ataupun saat baru dinyalakan.

Mungkin sekianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat semua.. :-)

0 komentar:

Post a Comment