. Makalah Visual Basic 6.0 ~ Teknik Komputer dan Jaringan

Tuesday, September 29, 2015

Makalah Visual Basic 6.0


Mata Kuliah : Visual Basic
Dosen : Fitro Musfar. Skom




D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
NAMA : Al wahid bachry
NIM : 1004411085
KELAS : III B

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
AMIK IBNU KHALDUN PALOPO
2015/2016


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya penulis dapat menyusun laporan pembuatan makalah Visual Basic 6.0 dapat terselesaikan dengan baik. 
Pembuatan makalah ini yang diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. selain itu juga makalah ini sebagai tugas mata kuliah Visual Basic 6.0 karena dengan diterapkannya Visual Basic ini dalam mengoperasikan computer maka memudahkan segala cara manusia untuk merelesasikan dirinya dalam berinteraksi dengan mesin computer.
Alhamdulillahi robil alamin.. akhirnya makalah ini dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada masalah dan kendala. Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, segala kritik dan saran yang membangun dan mengarah pada kesempurnaan makalah ini sangat kami harapkan. Penulis Berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Mangkutana, 29 september 2015
Al wahid bachry



Daftar isi
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………… i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………. 1
BAB II PEMBAHASAN
MICROSOFT VISUAL BASIC 6.O
A. Mengenal Mirosoft Visual Basic 6.0 …………………………………….. 2
B. Memulai Visual Basic 6.0 …………………………………………………. 2
C. Lingkungan kerja Visual Basic .………………………………………. .... 3
D. Komponenen-komponen Visual Basic    ………………………………. ……. 3
1.1 Title bar …………………………………………………………….. 3
1.2 Menu bar ……………………………………………………………… 3
1.3 Tool bar ……………………………………………………………… 4
1.4 Tool box ………………………………………………………………. 4
1.5 Project explorer ……………………………………………………….. 4
1.6 Form designer ……………………………………………………….. 4
1.7 Properti window …………………………………………………….. 5
1.8 form layet window ……………………………………………………. 5
1.9 kode window ………………………………………………………… 5
1.10 metood …………………………………………………………………. 5
1.11 Event ………………………………………………………………….. 6
1.12 Module ……………………………………………………………….. 6
1.13 Immediate window …………………………………………………. 6
E. Macam-macam file pada Visual Basic ……………………....................... 7
1.1 File form ……………………………………………………………… 7
1.2 File module ……………………………………………………………. 7
1.3 File Project ……………………………………………………………. 7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan …………………………………………………………. 8
B. Saran …………………………………………………………………….. 8
Daftar Pustaka
BAB  I  PENDAHULUAN
Visual Basic pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin komputer dengan cara mempercepat dan mempermudah untuk membuat aplikasi yang dijalankan di system aplikasi Microsoft windows.
Pembahasan Visual Basic pada makalah ini disusun dari berbagai referensi-referensi yang ada pada setiap persediaan media seperti internet dan buku-buku. Ada banyak aplikasi atau cara yang dapat dipakai dalam mengoperasikan mesin komputer untuk membuat animasi atau grafik yang berbentuk manipulasi atau tiga dimensi, dan salah satunya diantara semuanya yaitu Visual Basic.
Adapun pembahasan Visual Basic yang akan di disajikan pada makalah ini sebagai berikut :
MICROSOFT VISUAL BASIC 6.O
A. Mengenal Mirosoft Visual Basic 6.0
B. Memulai Visual Basic 6.0
C. Lingkungan kerja Visual Basic
D. Komponenen-komponen Visual Basic  
E. Macam-macam file pada Visual Basic 
BAB  II  PEMBAHASAN
MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
A.  Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0
Visual Basic 6.0 merupakan salah satu software pembuat program aplikasi yang sangat handal hingga saat ini. Software ini diambil dari bahasa pemrograman yaitu Visual Basic. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh computer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Beberapa kemampuan dari Visual Basic adalah dapat membuat aplikasi berbasis Windows yang mandiri (executable), menguji program (debugging), serta membuat obyek-obyek pembantu seperti : ActveX, Help dan lainnya.
Visual Basic 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman untuk membuat program aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam mengembangkan aplikasi VB menggunakan pendekatan GUI (graphical User Interfance) untuk merancang antar muka (interfance). Visual Basic juga merupakan awal dari bahasa-bahasa tingkat tinggi lainnya. Basic dirancang pada tahun 1950-an yang ditunjukkan untuk dapat digunakan oleh programer pemula.
B.  Memulai Visual Basic 6.0
Kita mengenal beberapa cara untuk memulai atau menjalankan program visual basic 6.0. Adapun langkah-langkah untuk menjalankan visual basic 6.0, adalah : 
1. Pilih salah satu dari cara berikut ini :
• Arahkan ke grup Microsoft Visual basic 6.0. dari menu Start, lalu klik icon Visual Basic 6.0.
• Klik ganda ikon shourtcut Visual Basic 6.0. pada desktop.
Klik ganda file VB6.EXE pada Windows Explorer. File ini secara default terletak pada folder C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VB98 
C.  Lingkungan Kerja Visual Basic
Layar Visual Basic adalah suatu lingkungan besar mempunyai beberapa bagian kecil yang memiliki sifat :
1. Floating :   Dapat digeser-geser keposisi mana saja dengan menggunakan mouse.
2. Sizeable : Dapat diubah-ubah ukurannya,seperti halnya merubah ukuran pada jendela Windows.
3.Dockable: Dapat menempel pada bagian lain yang berdekatan.Dapat dipindah-pindahkan, digeser, diperbesar atau diperkecil ukuran setiap komponen layer Visual Basic sama dengan memanipulasi jendela Windows.
D.  Komponen-Komponen Visual Basic
1. 1. Title bar
Titlebar merupakan batang judul dari program Visual Basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas dari jendela program, selain itu berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela.
Fungsi titlebar
1. Memindahkan jendela dengan menggunakan proses drag and drop pada posisi titlebar tersebut
2. Mengatur ukuran jendela dari ukuran maximize ke ukuran restore atau sebaliknya dengan melakukan klik pada posisi titlebar tersebut
1. 2. Menu bar
Adalah tempat dimana perintah (menu) ditempatkan secara hirarki, yaitu Menu > submenu > sub-sub menu. Menu juga dapat diakses dengan cara klik kanan diarea kosong pada form, atau dapat pula dengan menekan tombol Alt + huruft yang digaris bawahi (hotkey). 
1. 3. Tool bar
Tool Bar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic. Icon-icon dapat ditekan pada setiap tombol tersebutlangsung untuk melakukan perintah tertentu. 
1. 4. ToolBox
toolbox letaknya disebelah kiri tampilan yang terdiri dari beberapa icon untuk membuat kontrol dalam form. Tetapi tidak semua icon ditampilkan dalam ToolBox, untuk menampilkan icon yang lain dapat dilakukan dengan menekan klik kanan pada toolBox atau pilih menu Project, Componen 
1. 5. Project Explorer
Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan Project dan setiap projrct dapat terdiri dari beberapa file. Project explorer berfungsi untuk menampilkan daftar form dan modul yang terdapat pada proyek aplikasi yang sedang dikerjakan.
Project juga berisi dengan file-file berbeda yaitu   :
1. Project, sebagai file induk
2. Form file
3. Class module, bersifat oprasional
4. Standar module
5. active control file
6. Single resource file
1 6. Form designer
Merupakan jendela untuk merancang aplikasi yang sedang dibuat. Form Designer ibarat “kanvas” untuk “melukis” user interface. Form dapat disamakan dengan area halaman kerja, yang nantinya dalam aplikasdi sering disebut sebagai Windows.
1. 7. Properties Windows
Jendela properties berisi informasi mengenai objek atau kontrol terpilih yang berada dalam aplikasi Visual Basic. Properties suatu objek/kontrol meliputi nama objek (name), judul (caption), warna, posisi dan lainnya.
1. 8. Form layout windows
Panel ini dapat digunakan untuk mengatur posisi form pada saat aplikasi tersebut dijalankan/ditampilkan. Dan dapat digunakan untuk mengontrol posisi form dalam aplikasi dengan menggunakan sistem grafik dalam sebuah layar. Dengan fasilitas ini kita dapat melihat dan mendengar posisi form yang baru kita disaign.
1. 9. Code Windows
Jendela Code adalah suatu tempat dimana kita dapat menempatkan atau memberikan kode/ perintah pada objek terpilih.  
1. 10  Method
Kumpulan perintah yang memiliki kegunaan yang hampir sama dengan satu fungsi atau prosedur tetapi perintah-perintah sudah disediakan dalam suatu objek. Method umumnya digunakaan untuk menjalankan perintah khusus pada suatu objek tertentu.
Method hampir sama dengan prosedure di dalam bahasa pascal atau sub rutin dalam bahasa basic.  Hanya saja method ini terkait dengan objek yang ada dan kita tidak perlu mendefinisikan perintah/kode  yang harus dilakukan, karena sudah didefinisikan sendiri oleh visual basic.  
Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain seperti Delphi dan Java, VB juga bersifat event driven progamming. Artinya anda dapat menyisipkan kode program pada event yang dimiliki suatu obyek.
1. 11  Event 
Event adalah suatu blok kode program yang dieksekusi apabila ada objek yang manipulasi pada program, sebagai contoh perintah pertama pada program. Event procedur command cuck akan dijalankan. Event procedure biasanya memeriksa dan menset properti serta menggunakan pernyataan program lain untuk melakukan pekerjaan program. 
1. 12  Module
Fungsinya hampir sama dengan form,tetapi module tidak berisi objek atau bentuk standar,dan module berisikan kode program atau prosedure yang dapat digunakan dengan programaplikasi. Module dapat disejajarkan dengan form, tetapi tidak mengandung objek dan bentuk standar. Module dapat berisi beberapa kode program atau prosedur yang dapat digunakan dalam program aplikasi. Untuk membuat modul sendiri, kita dapat memasukkan ke dalam program aplikasi dengan menu Project lalu Add Module.
1. 13  Immediate window
Jendela ini dapat mengevaluasi perintah atau fungsi dalam visual basic (dengan meletakan karakter tanda tanya didepan perintah atau fungsi yang akan anda coba). Selain itu anda dapat menggunakan jendela ini untuk melihat hasil dari perintah debug print dari kode program.
E.   Macam-macam File pada Visual Basic
Dalam Visual Basic dikenal beberapa macam file.
1. 1. File Form (.frm)
File ini berekstensi .frm yang merupakan file form yang berisi objek-objek. Juga berisi kode-kode program yang terkait dengan objek yang dibuat.  Tetapi kode yang ada pada form ini tidak dapat digunakan pada form yang lain.
1. 2. File Modul (.bas)
File ini berisi kode-kode program yang dapat digunakan secara umum. 
1. 3. File Project (.vbp) 
Pada visual basic 3.0 berekstensi .
BAB  III  PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan Visual Basic diatas saya dapat menyimpulkan bahwa, interaksi antara manusia dengan mesin computer dengan menerapkan atau mengaplikasikan software aplikasi Visual Basic sangat menguntungkan pada user, Dan juga  bahasa pemograman visual basic merupakan pemrograman berbasis Windows. Visual Basic juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer.
B. Saran
Diharapkan mahasiswa mau mempelajari dan mengembangkan bahasa pemograman visual basic sebab visual basic merupakan bahasa yang mudah untuk di pelajari dan sangat menarik , maka Penulis berharap kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari dan mengembangkan bahasa pemrograman tersebut.



Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic
http://www.aat-nueve.co.cc/2009/03/sejarah-pemrograman-visual-basic.html
http://bowoblog.wordpress.com/2009/05/31/bahasa-pemrograman-visual-basic-6-0/

0 komentar:

Post a Comment